Why are you here in this organization?

Inilah sebuah petikan percakapan dari seorang pencari bakat “head hunter” kepada mangsa-nya “talent”. Saya tertarik untuk mempostingnya di sini untuk mohon bantuan teman-teman HR untuk memberikan pandangannya terhadap jawaban talent ini? Apakah yang Anda pahami dari talent ini melalui satu petikan tanya-jawab antara “head hunter” dan “talent”

Masukan-masukan yang hendak dicari adalah untuk mendapatkan gambaran

a) Dari segi kompetensi, seperti apa menurut Anda si “talent” ini?

b) Dari segi karakter, apakah yang Anda tangkap dari si “talent” ini?

c) Dari segi kepemimpinan, tipe kepemimpinan seperti apa yang dibawa oleh si “talent” ini?

d) Dari segi potensi, akan sejauh mana si “talent” ini dapat berkembang?

 

Why are you here in this organization?

[HH] “Mengapa Anda berada dalam organisasi ini”?

[C] Saya pikir ini pertanyaan yang tidak pernah saya dapati pada wawancara kerja yang pernah saya alami sebelumnya sehingga saya agak terkejut juga. Baiklah, ketika saya memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan tempat saya bekerja saat ini, saya ingat bahwa pada waktu itu ada tiga  hal yang hendak saya kerjakan di sini:

1) untuk berpartisipasi (to participate) bersama tim yang telah ada untuk memecahkan masalah-masalah operasional, manajerial, fungsional, struktural, organisasional, stratejik, kepemimpinan dan kultural yang dapat muncul dari ketidakharmonisan, disintegrasi, ketidakstabilan, ketidak-kongruen-an, masalah ketidakmatangan, ketidaktepatan (mis-match) dan ketidakseimbangan dari sisi internal dan eksternal termasuk para pelaku di dalamnya masing-masing yang secara bersama-sama menghasilkan dinamika sehari-hari serta berkemungkinan menjadi akar permasalahan yang berlangsung sehari-hari bahkan menahun.

2) untuk meningkatkan (to improve) kapabilitas organisasi dalam bertindak, melayani, dan berkontribusi kepada pelanggan, rekanan bisnis, masyarakat, dan pemerintah dimana organisasi ini berada untuk memberikan produk, layanan, dan kontribusinya pada tingkat yang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan-harapannya.

3) untuk mempersiapkan (to prepare) kondisi organisasi ini yang saya pandang sebagai mesin pertumbuhan ekonomi-sosial “socio-economic growth engine” dalam menyongsong tantangan, pertumbuhan dan kelanggengan eksistensinya (sustainability).

Tinggalkan Balasan

