Kepemimpinan ala pohon Jati

Bernilai karena mutunya

Pohon jati dikenal sebagai salah satu pohon yang kuat untuk berbagai kegunaan dan manfaat. Kayu Jati (Tectona grandis L.f.) atau ‘teak wood’ telah dikenal masyarakat nasional maupun internasional sebagai bahan baku industri pengolahan kayu yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Kayu yang terkenal karena kekuatan, keawetan dan keindahannya ini memiliki nilai tinggi baik secara ekonomi maupun seni.

Tak heran jika kayu jati selalu menjadi pilihan utama bahan industri furnitur, mebel maupun bahan dasar kerajinan berkualitas. Kualitas kayu jati yang bagus menjadikan produk kayu jati masuk dalam tingkatan mahal dan mewah. Harga kayu jati di pasar internasional berkisar US$.500- $.2200 per meter kubik .

Kuat Karena Ditempa Keadaan

Si pohon jati bertumbuh kuat karena lingkungannya. Salah satu ungkapan kepemimpinan yang saya sukai adalah ungkapan dari Warren Bennis.

Pembelajaran terbaik bagi seorang pemimpin, adalah dengan menjalani peran kepemimpinan sehari-hari yang senantiasa berjumpa dengan berbagai kadar tantangan kepemimpinan. Habitat belajar seorang pemimpin adalah kenyataan hidup sehari-hari.

Leaders learn by leading, and they learn best by leading in the face of obstacles. As weather shapes mountains, problems shape leaders. Warren Bennis

Ungkapan ini nampaknya relevan dengan proses sebuah pohon jati mencapai realisasi potensi puncaknya.

Si pohon jati tidak bisa menolak keadaan kondisi lingkungannya. Iklim yang cocok adalah yang memiliki musim kering yang nyata, namun tidak terlalu panjang, dengan curah hujan antara 1.200–3.000 mm pertahun dan dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi sepanjang tahun. Ketinggian tempat yang optimal adalah antara 0 – 700 m dpl; meski jati bisa tumbuh hingga 1.300 m dpl.

Ia hidup dalam pergiliran hujan, badai, guntur dan halilintar. Ia menyikapinya secara wajar, natural dan proporsional, sambil tetap bertumbuh ke atas, mengembang radial ke samping dan mengakar kokoh ke dalam.

Maka waktu demi waktu, ia mencapai puncak tahapan-tahapan kemajuannya dengan kesetiaan yang sederhana untuk terus bertumbuh menjadi pohon jati yang sejati. Hingga pada suatu saat nanti, pada giliran dan waktunya, menjalankan dan menampilkan peran keberadaannya dalam berbagai bentuk dan kegunaannya.

pohon jati

Kepemimpinan berbicara tentang menumbuhkan pemimpin-pemimpin berikutnya dengan kapabilitas kepemimpinan yang semakin meningkat. Itu adalah sejenis kualitas. Sekiranya dipersamakan dengan kualitas pohon jati yang kokoh, kuat, indah dan bernilai tinggi, pada tingkat mana Anda akan membentuk pemimpin-pemimpin selanjutnya setelah Anda?

Perjalanan waktu tak pernah mundur ke belakang, hanya saja manusia beruntung mempunyai mekanisme memori untuk mengenang, tapi kenyataan yang indah mendatang, hanya terjadi dengan membayar peluh dan tempuh di hari sekarang. Jalan yang relevan untuk saya sarankan, adalah “Jalan Kepemimpinan ala pohon jati”.

 

Selamat Memimpin Perubahan,

TiTuS Permadi

M: 0878 5577 8882 Skype: titus.orangehrm

header

Artikel sebelumnya:

  1. Kepemimpinan ala BODREX, solusi jitu abad ke 21
  2. Kepemimpinan ala PHILIPS, terus terang terang terus
  3. The REXONA Way: Freshing Smell Leadership Today
  4. Life is SO NICE, Be A So Nice Leader
  5. Kepemimpinan ala RINSO, Nggak ada noda ya nggak belajar
  6. Kepemimpinan ala Telkomsel 4G LTE : Magnet Strategis Pengelolaan SDM Masa Depan
  7. Kepemimpinan ala Pegadaian
  8. Wavin: Filosofi Kepemimpinan ala Bengawan Solo
  9. Memimpin Seperti Teh Botol Sosro, Mengelola Seperti Indomie
  10. Kepemimpinan ala Kopi Kapal Api, Jelas Lebih Enak
  11. Kepemimpinan bergoyang ala “All About The Bass” Meghan Trainor
  12. L-Men Six Pack Leadership Secret

Sumber kajian:

  1. Jati Emas – https://jatiemas.wordpress.com/
  2. Jati – https://id.wikipedia.org/wiki/Jati
  3. Sanggahan: sumber-sumber kajian diperoleh dari internet, diakses pada tanggal 5 Juli 2015. Hak cipta dan merek pada masing-masing pemilik hak dan merek. Hak cipta dan merek dilindungi undang-undang. Kutipan pada tulisan ini digunakan untuk keperluan pengetahuan dan bukan untuk tujuan komersial. Sumber rujukan diberikan sebagai respek kepada pemegang hak dan merek masing-masing dan kepatuhan terhadap hukum yang mengatur dan melindungi hak cipta.
Iklan

One thought on “Kepemimpinan ala pohon Jati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s